sering dikaitkan dengan masalah tidur. Kekhawatiran dan ketakutan yang berlebihan membuat Anda lebih sulit untuk tertidur dan tetap tertidur sepanjang malam. Kurang tidur bisa memperburuk , memacu siklus negatif yang melibatkan insomnia dan anxiety disorder.

disorder adalah masalah kesehatan mental yang paling umum di zaman ini, dan kurang tidur diketahui mempunyai implikasi negatif terhadap kesehatan secara keseluruhan. Akibatnya, memahami dan mengatasi hubungan antara anxiety dan tidur bisa menjadi dasar kesehatan fisik dan emosional.

Apa itu Anxiety? Apa Itu Anxiety Disorder?

Apa Itu Anxiety? Apa Itu Anxiety Disorder?
Apa itu Anxiety? Apa Itu Anxiety Disorder?

Anxiety adalah perasaan khawatir dan gelisah. Adalah normal untuk mengalami anxiety sesekali sebagai respons terhadap situasi yang menakutkan atau stres.

Pada anxiety disorder, kesusahan ini menjadi berlebihan. Ketakutan tidak sebanding dengan situasi, dan kekhawatiran mengganggu kehidupan sehari-hari. Perasaan ini menjadi terus-menerus, terjadi hampir setiap hari selama enam bulan atau lebih.

Seperti Apa Rasa Anxiety?

Gejala anxiety disorder bisa mempengaruhi orang baik secara emosional maupun fisik.

Orang dengan anxiety mungkin merasa sangat gugup dan gelisah. Ini bisa mempengaruhi konsentrasi dan suasana hati mereka, yang menyebabkan lekas marah dan gelisah. Ketakutan atau perasaan mereka akan malapetaka yang akan datang bisa terasa luar biasa dan di luar kendali.

Secara fisik, anxiety disorder bisa memicu ketegangan otot, pernapasan dan detak jantung yang cepat, berkeringat, gemetar, gangguan pencernaan, dan kelelahan.

Banyak orang dengan anxiety disorder berusaha menghindari situasi yang bisa memicu kekhawatiran yang meningkat; namun, ini tidak menyelesaikan ketakutan mendasar mereka dan bisa mengganggu aktivitas profesional dan pribadi. Seiring waktu, seseorang dengan anxiety disorder mungkin terbiasa merasa khawatir sedemikian rupa sehingga keadaan tertekan atau takut tampak normal.

Baca Juga:
Bagaimana Perangkat Elektronik Mempengaruhi Tidur

Anxiety disorder bisa terjadi bersamaan dengan masalah kesehatan mental lainnya seperti depresi. Menurut Depression Association of America (ADAA), hampir 50% orang dengan depresi juga di diagnosis dengan anxiety disorder.

Jenis-Jenis Anxiety Disorder

Anxiety adalah elemen inti dari sejumlah gangguan tertentu, meskipun tidak semua dikategorikan sebagai anxiety disorder.

  • Anxiety Disorder Umum (GAD): Orang dengan GAD mempunyai kekhawatiran yang signifikan dan menjulang tentang banyak hal berbeda yang bisa menyebabkan rasa cemas yang menyeluruh.
  • Gangguan Panik: Episode ketakutan yang sangat intens, yang dikenal sebagai serangan panik, yang biasanya berlangsung selama beberapa menit setiap kali adalah ciri khas Gangguan Panik.
  • Anxiety Disorder Sosial: Gangguan ini melibatkan ketakutan yang ekstrim terhadap lingkungan sosial dan potensi rasa malu di depan orang lain.
  • Fobia Spesifik: Fobia spesifik adalah ketakutan intens yang disebabkan oleh pemicu tertentu. Beberapa fobia spesifik yang paling umum termasuk agorafobia (takut akan ruang terbuka atau tertutup, berada di keramaian, atau berada di luar rumah sendirian) dan anxiety akan perpisahan.
  • Obsessive-Compulsive Disorder (OCD): Dalam OCD, seseorang terobsesi dengan suatu masalah dengan cara yang negatif sehingga menimbulkan anxiety, dan ini menyebabkan kompulsi, yang merupakan upaya mereka untuk mengendalikan atau menghilangkan anxiety itu. Kompulsi berulang secara ritual dan bisa berdampak langsung pada aktivitas sehari-hari.
  • Post-traumatic Stress Disorder (PTSD) : Kondisi ini bisa muncul setelah seseorang dihadapkan pada situasi yang menyakitkan atau mengganggu. Orang dengan PTSD bisa menghidupkan kembali peristiwa yang membuat stres, merasa gelisah, dan berpotensi mempunyai anxiety yang melemahkan.

Seberapa Umum Anxiety Disorder Terjadi?

Anxiety disorder adalah jenis penyakit mental yang paling umum, mempengaruhi kehidupan sekitar 20% orang dewasa dan 25% remaja setiap tahun.

Baca Juga:
Bagaimana Kurang Tidur Mempengaruhi Fokus Kognitif Dan Performa
Orang Dewasa yang Terkena Dampak di ASPersentase Populasi Dewasa AS
Anxiety Disorder Umum6,8 juta3.1%
Gangguan panik6 juta2.7%
Anxiety Disorder Sosial15 juta6.8%
fobia spesifik2,2 juta1%
Gangguan Stres Pasca Trauma7,7 juta3.5%

Tidak semua orang dengan anxiety disorder mempunyai tingkat gejala atau dampak yang sama dari anxiety dalam kehidupan sehari-hari mereka. Dalam satu survei besar, sekitar 43% orang dewasa dijelaskan mempunyai gangguan ringan hidup mereka dari anxiety. Sekitar 33% mengatakan sedang, dan hampir 23% mengatakan parah.

Apa Penyebab Anxiety Disorder?

Penyebab pasti dari anxiety tidak diketahui. Faktanya, para peneliti percaya bahwa tidak ada satu penyebab tunggal melainkan interaksi faktor-faktor yang mencakup genetika seseorang, riwayat keluarga, dan paparan peristiwa kehidupan negatif. Beberapa masalah kesehatan dan obat-obatan juga bisa menyebabkan gejala anxiety.

Apa Hubungan Antara Anxiety Dengan Tidur?

Gangguan tidur yang serius, termasuk insomnia, telah lama dikenal sebagai gejala umum dari anxiety disorder. Orang-orang yang diliputi kekhawatiran sering merenungkan kekhawatiran mereka di tempat tidur, dan anxiety di malam hari ini bisa membuat mereka tidak tertidur.

Faktanya, keadaan hyperarousal mental, yang sering ditandai dengan kekhawatiran, telah diidentifikasi sebagai faktor kunci di balik insomnia. Orang dengan anxiety disorder cenderung mempunyai reaktivitas tidur yang lebih tinggi, yang berarti mereka jauh lebih mungkin mengalami masalah tidur saat menghadapi stres.

Kesulitan tidur telah ditemukan untuk orang-orang dengan berbagai jenis anxiety termasuk anxiety disorder umum, OCD, dan PTSD. Dalam beberapa penelitian, lebih dari 90% orang dengan PTSD terkait dengan pertempuran militer telah melaporkan gejala insomnia.

Distress karena tertidur itu sendiri bisa memperumit masalah, menciptakan anxiety tidur yang memperkuat rasa takut dan keasyikan seseorang. Pikiran negatif tentang pergi tidur ini, sejenis anxiety antisipatif, bisa menciptakan tantangan terhadap jadwal dan rutinitas tidur yang sehat.

Baca Juga:
9 Panduan Tidur Selama Pandemi COVID-19

Bahkan setelah tertidur, orang mungkin terbangun dengan anxiety di tengah malam. Kembali ke tempat tidur bisa menjadi tantangan jika pikiran mereka kembali berpacu dengan kekhawatiran. Hal ini bisa menyebabkan fragmentasi tidur, mengurangi kuantitas dan kualitas tidur mereka.

Hubungan telah ditemukan antara anxiety disorder dan perubahan dalam siklus tidur seseorang. Penelitian menunjukkan bahwa anxiety dan perenungan sebelum tidur bisa mempengaruhi tidur Rapid Eye Movement (REM), yang melibatkan mimpi yang paling jelas. Anxiety bisa memicu mimpi yang lebih mengganggu dan menciptakan kemungkinan gangguan tidur yang lebih tinggi. Mimpi buruk bisa memperkuat asosiasi negatif dan ketakutan sekitar akan tidur.

Pada saat yang sama, bukti kuat menunjukkan bahwa masalah tidur bukan hanya gejala anxiety. Sebaliknya, kurang tidur bisa memicu atau memperburuk anxiety disorder. Para peneliti telah menemukan bahwa orang yang rentan terhadap anxiety sangat sensitif terhadap efek kurang tidur, yang bisa memicu gejala anxiety.

Kurang tidur diketahui mempengaruhi suasana hati dan kesehatan emosional, yang bisa memperburuk tantangan yang ditimbulkan oleh anxiety disorder. Hubungan dua arah berarti bahwa anxiety dan kurang tidur bisa memperkuat diri; khawatir menyebabkan kurang tidur, berkontribusi pada anxiety yang lebih besar dan kesulitan tidur lebih lanjut.

Depresi, yang juga diketahui berdampak negatif pada tidur, bisa semakin memperumit situasi, menciptakan hambatan tambahan untuk kualitas tidur pada orang yang mengalami depresi dan anxiety.

Orang dengan obstructive sleep apnea (OSA), gangguan tidur yang menyebabkan pernapasan berulang dan tidur terganggu, ditemukan mempunyai tingkat masalah kesehatan mental yang lebih tinggi, termasuk depresi, anxiety, dan gangguan panik.

Cara Menenangkan Anxiety Agar Tidur Lebih Baik

Meskipun dampak anxiety disorder bisa sangat besar, mereka adalah salah satu gangguan kesehatan mental yang paling bisa diobati. Ini tidak berarti bahwa mengurangi anxiety selalu sederhana, tetapi ada perawatan yang bisa membantu.

Baca Juga:
Waktu Tidur Siang Yang Baik Untuk Kesehatan, 5 Jenis Serta Bahayanya

Setiap orang yang mempunyai anxiety dan/atau masalah tidur yang persisten atau signifikan harus berbicara dengan dokter yang bisa menilai situasi mereka dengan baik dan mendiskusikan keuntungan dan kerugian dari pilihan pengobatan potensial dalam kasus mereka.

Cognitive behavioral therapy (CBT) adalah pengobatan umum untuk anxiety disorder. Ini adalah jenis terapi bicara yang berfungsi untuk mengarahkan kembali pemikiran negatif, dan telah berhasil mengurangi anxiety. Studi telah menemukan bahwa CBT seringkali bisa mengurangi anxiety bahkan pada orang yang menderita insomnia. Mengatasi anxiety bisa membuka jalan untuk tidur yang lebih baik, tetapi kasus insomnia yang parah bisa bertahan setelah CBT untuk anxiety. CBT untuk insomnia (CBT-I) mungkin merupakan langkah selanjutnya yang berguna dalam kasus ini.

Beberapa jenis obat yang berbeda disetujui untuk mengobati anxiety disorder termasuk obat anti-anxiety, antidepresan, dan beta-blocker. Obat-obatan ini dimaksudkan untuk mengurangi gejala daripada menyembuhkan anxiety yang mendasarinya.

Karena hubungan multifaset antara anxiety dan tidur, istirahat yang lebih baik bisa membantu memerangi perasaan cemas. Membangun kebiasaan tidur yang sehat bisa membuat tidur menjadi pengalaman yang lebih menyenangkan dan memfasilitasi rutinitas yang konsisten untuk .

Baik kebiasaan tidur dan lingkungan Anda adalah bagian dari kebersihan tidur. Langkah-langkah untuk meningkatkan kebersihan tidur termasuk membuat tempat tidur Anda lebih nyaman, menghilangkan sumber gangguan tidur seperti cahaya dan kebisingan, dan menghindari kafein dan alkohol di sore dan malam hari.

Mencoba teknik relaksasi bisa membantu mengidentifikasi cara untuk menghilangkan anxiety disorders dan membuatnya lebih mudah untuk tertidur dengan cepat dan damai. Latihan relaksasi mungkin merupakan komponen CBT dan bisa memutus siklus kekhawatiran dan perenungan. Anda mungkin juga ingin mencoba menjadwalkan waktu untuk secara aktif khawatir, karena ini bisa menghilangkan waktu yang mengkhawatirkan saat Anda berbaring untuk tidur. Bernapas dalam-dalam, meditasi kesadaran, dan imajinasi terpandu hanyalah beberapa pendekatan untuk relaksasi yang bisa membantu menenangkan pikiran Anda sebelum tidur atau jika Anda bangun di malam hari.

Baca Juga:
Memahami Tentang Tidur Serta Kinerja Dasar Otak Saat Itu

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here