cara mengatasi pelajar kurang tidur saat pelajaran sekolah
cara mengatasi pelajar kurang tidur saat pelajaran sekolah

Jika Anda seorang pelajar, Anda sudah lama lupa apa itu tidur yang normal, kenyang, sehat, dan sangat diinginkan. Apa alasannya? Apa ancaman fenomena ini bagi pelajar? Bagaimana cara melawan kurang tidur? Hari ini kita akan dengan hati-hati mempertimbangkan segala sesuatu tentang kurang tidur, dan apa yang harus dilakukan jika Anda tidak cukup tidur.

mengenali penyebab tanda kurang tidur

Mengenali Penyebab Tanda Kurang Tidur
mengenali penyebab tanda kurang tidur

Bermain video game dengan tetangga Anda sepanjang malam, berada di sebuah pesta, memeriksa berita di Facebook atau Instagram, dan menutup telepon selama 5 jam – inilah alasan utama mengapa Anda sering tidak bisa bangun di pagi hari dari bantal. Kemudian di universitas, Anda tidak dapat berkonsentrasi pada kelas, juga pada pekerjaan rumah sehingga untuk nilai bagus Anda harus beralih ke Asisten Essay .

Tetapi bagaimana Anda tahu persis apa dalam kasus Anda yang Anda butuhkan untuk memperbaiki situasi? Atau mungkin itu hanya kehidupan pelajar yang normal, dan kurang tidur seperti itu tidak ada salahnya? Mari kenali gejala utama kurang tidur. Mari kenali gejala utama kurang tidur.

Jadi, ada 2 jenis gejala kurang tidur:

Tanda-tanda eksternal. Yang paling populer adalah lingkaran hitam di bawah mata. Mereka menunjukkan suplai darah yang tidak mencukupi di area mata, yang disebabkan oleh bangun yang berkepanjangan, jam kerja yang panjang dengan perangkat “pintar”, dll. Tanda-tanda eksternal juga termasuk bengkak pada wajah, hilangnya warna kulit di seluruh tubuh, munculnya iritabilitas dan linglung, kehilangan konsentrasi. Jadi jika Anda memperhatikan tanda-tanda ini, inilah saatnya untuk memikirkan cara menghilangkan kurang tidur.

Tanda-tanda internal. Gejala-gejala ini mencakup semua tanda yang menunjukkan keadaan stres seluruh tubuh: jantung berdebar, lonjakan tekanan, masalah dengan saluran pencernaan, kehilangan nafsu makan. Apakah Anda pikir itu saja? Haha, bukan itu. Juga, Anda sedang menunggu: hilangnya pemikiran rasional, dominasi komponen irasional dari pikiran, dan sebagai hasilnya – peningkatan lekas marah dan ketidakpuasan terus-menerus dengan kehidupan saat ini. Sebagai akibat dari efek ini pada tubuh, fungsi perlindungannya melemah secara signifikan, dan produktivitas turun secara signifikan. Semua ini mengarah pada pembentukan gastritis, sakit maag, hipertensi.

Jika itu tidak cukup: Bagaimana pengaruh kurang tidur terhadap pelajar?

Bagaimana Pengaruh Kurang Tidur Terhadap Pelajar
bagaimana pengaruh kurang tidur terhadap pelajar

Tugas utamanya adalah memperburuk segala sesuatu di tubuh Anda. Semuanya benar-benar segalanya: kesejahteraan, kesehatan, kualitas kerja, aktivitas otak , dan keadaan emosional. Seseorang dalam keadaan kurang tidur sehat yang berkepanjangan akan mulai diatasi oleh keadaan depresi. Semua ini mengarah pada munculnya diabetes, penyakit kardiovaskular, dan perkembangan obesitas.

Memar di bawah mata karena kurang tidur – ini baru permulaan: bersiap-siap untuk sering pingsan, sering pusing, kelelahan kronis, kehilangan vitalitas dan energi.

Temuan dari Ilmuwan

Dalam upaya untuk mencari tahu mengapa kurang tidur itu berbahaya, para ilmuwan AS melakukan banyak eksperimen. Selama salah satu dari mereka, mereka membuat salah satu peserta terjaga selama 35 jam berturut-turut. Akibatnya, pria itu mulai menjadi respons yang sangat keras dan agresif terhadap setiap (bahkan yang paling tidak penting) dari tindakan orang lain.

Dan inilah hal lain yang tidak menyenangkan tentang bahaya kurang tidur: obesitas! Kami akrab dengan hasil banyak penelitian, yang menjadikannya bukti praktis:

  • Jika seseorang tidur kurang dari 4 jam semalam, peluangnya untuk mengalami obesitas 74% lebih tinggi daripada mereka yang tidur dalam jumlah jam normal (7-9 jam);
  • Jika seseorang tidur kurang dari 5 jam semalam, peluangnya untuk mengalami obesitas 50% lebih tinggi daripada mereka yang tidur dalam jumlah jam normal (7-9 jam);
  • Jika seseorang tidur kurang dari 6 jam setiap malam, peluangnya untuk mengalami obesitas 23% lebih tinggi daripada mereka yang tidur dalam jumlah jam normal (7-9 jam).

Bagaimana cara mengatasi kurang tidur?

Bagaimana Cara Mengatasi Kurang Tidur
bagaimana cara mengatasi kurang tidur

Yah, oke: Anda mendapati diri Anda kurang tidur. Apa yang harus Anda lakukan? Siapkan pena dan buku catatan dan buat catatan. Ada beberapa tips, tetapi mereka sangat berguna.

  • Kondisikan diri Anda dengan suasana yang tenang

Sebelum tidur, mematikan televisi, smartphone, e-book, jangan minum kopi, dan lagu-lagu agresif atau nada cepat akan menjadi sumber mimpi buruk. Lebih sering daripada tidak, faktor-faktor ini adalah penyebab kurang tidur.

Selain itu, semua peralatan (well, oke, kecuali telepon) harus dimatikan sepenuhnya, dan tidak dalam mode siaga atau hibernasi. Jika tidak, itu menghasilkan suara frekuensi tinggi, mengganggu tidur dan istirahat yang tepat.

  • Beli kasur berkualitas bagus dan nyaman

Tempat tidur yang nyaman – itulah yang membantu mencegah kurang tidur. Pilih bantal dan kasur dengan hati-hati, pilih warna yang tenang untuk set tempat tidur. Tidur berlebihan selama lima menit di kursi di depan TV bukanlah pilihan.

  • Beri sirkulasi ventilasi pada ruangan sebelum tidur

Sepele, tapi itulah faktanya: semakin segar dan sejuk udara di dalam ruangan, semakin mudah Anda tertidur, dan tidur Anda akan semakin sehat dan segar.

  • Tidak ada makanan sebelum tidur

Ahli gizi menyarankan untuk tidak makan setidaknya empat jam sebelum tidur. Kami akan merekomendasikan untuk meningkatkan waktu ini menjadi 6 jam sama sekali. Namun, faktanya tetap: tidak ada roti gulung, makanan cepat saji, alkohol, daging berlemak, kue, asin, pedas, makanan asap, dan omong kosong lainnya.

Namun, kami tidak menentang segelas yogurt tanpa lemak , teh lemah, atau jus buah kering – produk ini akan membantu menenangkan sistem saraf dan membantu memprogram perut agar bekerja dengan baik. Selain itu, tinggalkan minuman energi, karena itu jahat!

Pertanyaan tentang bagaimana menghilangkan kurang tidur tidak boleh diselesaikan dengan bantuan obat-obatan. Anda sering terbiasa dengan mereka. Dan layak untuk berhenti menggunakannya, dan masalahnya akan kembali.

Apakah mungkin untuk tidur nanti?

Lepaskan ilusi: “Saya akan menderita selama minggu sekolah, dan saya akan tidur sepanjang akhir pekan”. Hampir tidak mungkin untuk menebus defisit tidur. Dalam keadaan darurat, Anda bisa tidur selama 2 hari, misalnya, hari ini untuk semalam. Jika Anda tidak cukup tidur dari Senin sampai Jumat, dan pada hari Sabtu dan Minggu Anda menghabiskan setengah hari di tempat tidur, tubuh Anda tidak akan mendapat manfaat darinya. Ketika seseorang tidur “melalui paksaan” atau lebih dari 10-12 jam, itu juga tidak normal. Hasilnya adalah kelelahan dan kelelahan yang sama, serta “sakit kepala akhir pekan”, sebuah istilah yang baru-baru ini diciptakan oleh dokter.

Cara mengatasi kurang tidur

Secara umum, Anda sudah memahami bagaimana kurang tidur mempengaruhi tubuh Anda. Dan berkat tips kami, Anda dapat dengan cepat menghilangkan perasaan buruk ini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here