kebugaran rohani adalah brainly, manfaat kebugaran rohani adalah, apa itu kesehatan rohani, ciri ciri orang sehat jasmani dan rohani, contoh kesehatan rohani, jasmani dan rohani adalah, jelaskan apa yang dimaksud dengan kesehatan sosial, ciri ciri kesehatan jasmani, kebugaran jasmani adalah, kesehatan jasmani dan rohani, pengertian kesehatan rohani, pengertian kebugaran jasmani dan rohani, makalah kesehatan jasmani dan rohani, apa itu kebugaran jasmani dan rohani, khotbah kesehatan rohani, ringkasan kebugaran jasmani dan rohani, lav puls årsak, adet süresi neden uzar, vasanth and co gandhipuram phone number, sukma pulsa, kebugaran jasmani dan rohani, hyundai palisade oil filter part number, manfaat meditasi pernapasan, manfaat meditasi dalam agama buddha, manfaat meditasi spiritual, manfaat meditasi tengah malam, berapa lama meditasi,
Apa Itu Kebugaran Rohani Sebuah Cara Untuk Melatih Otak Kamu 100 Lebih Baik

Seperti halnya kebugaran jasmani, kebugaran rohani mempunyai manfaat yang luas. Tapi apa artinya melatih pikiran kamu? Bisakah otak melakukan crunch?

Kita tahu pentingnya kebugaran jasmani. Dan kami mempunyai banyak pilihan untuk mengembangkannya: dengan pelatih di gym, di kelas HIIT, atau berjalan dan berlari di luar. Kita masing-masing mempunyai perpaduan kegiatan kita sendiri untuk menjaga kesehatan dan kesejahteraan tubuh kita.

Hasil? kamu mengembangkan otot yang membantu kamu berfungsi lebih baik dalam kehidupan sehari-hari. Kamu lebih kuat, lebih ramping, mempunyai lebih banyak energi atau daya tahan, dan kurang rentan terhadap kecelakaan dan cedera.

Berfungsi pada kondisi kesehatan yang lebih tinggi, kamu “bugar”. Pas untuk menjawab tuntutan sehari-hari (membawa tas belanja, mengejar hewan peliharaan dan anak-anak) serta lebih bisa menikmati hidup. Mengembangkan kesehatan yang optimal bisa membawa lebih banyak emosi positif, lebih sedikit stres, dan rasa pencapaian.

Kabar baiknya adalah, kamu juga bisa menikmati manfaat serupa dari mengembangkan kebugaran rohani kamu!

Bagaimana Kebugaran Rohani Itu Membantu Kamu?

Kebugaran Rohani Adalah Brainly, Manfaat Kebugaran Rohani Adalah, Apa Itu Kesehatan Rohani, Ciri Ciri Orang Sehat Jasmani Dan Rohani, Contoh Kesehatan Rohani, Jasmani Dan Rohani Adalah, Jelaskan Apa Yang Dimaksud Dengan Kesehatan Sosial, Ciri Ciri Kesehatan Jasmani, Kebugaran Jasmani Adalah, Kesehatan Jasmani Dan Rohani, Pengertian Kesehatan Rohani, Pengertian Kebugaran Jasmani Dan Rohani, Makalah Kesehatan Jasmani Dan Rohani, Apa Itu Kebugaran Jasmani Dan Rohani, Khotbah Kesehatan Rohani, Ringkasan Kebugaran Jasmani Dan Rohani, Lav Puls Årsak, Adet Süresi Neden Uzar, Vasanth And Co Gandhipuram Phone Number, Sukma Pulsa, Kebugaran Jasmani Dan Rohani, Hyundai Palisade Oil Filter Part Number, Manfaat Meditasi Pernapasan, Manfaat Meditasi Dalam Agama Buddha, Manfaat Meditasi Spiritual, Manfaat Meditasi Tengah Malam, Berapa Lama Meditasi,
Bagaimana Kebugaran Rohani Itu Membantu Kamu

Kebugaran rohani bisa didefinisikan sebagai mempunyai dan mempertahankan keadaan sejahtera dan menumbuhkan kesadaran tentang bagaimana kita berpikir, berperilaku, dan merasa.  

Sama seperti kebugaran jasmani memberi kita peningkatan kemampuan untuk merespons kehidupan dengan segala kekayaannya, kebugaran rohani membantu dengan cara yang sama. Ini memberi kita lebih banyak ruang untuk memilih bagaimana merespons suatu situasi, apakah situasi itu merupakan pemikiran ke depan, stimulus eksternal, atau perasaan. Akibatnya, kita cenderung untuk mempertahankan (atau menyebabkan) cedera emosional dan relasional.

Pertimbangkan apa yang terjadi jika kamu menemukan diri kamu bertengkar dengan pasangan kamu. Pasangan kamu mengatakan sesuatu dalam kemarahan yang menyakitkan. Ketika kita berada dalam mode reaksioner, kita membalas, langsung dari inti rasa sakit itu. Panah kamu mendarat, dan pasangan kamu merespons dengan baik. Dan seterusnya, membuat kamu berdua merasa tidak terkendali dan tegang.

Ketika kamu lebih sehat secara mental, kamu menyadari bahwa kamu mempunyai pilihan ketika pernyataan marah pertama datang kepada kamu. Kebugaran rohani memberi kamu kemampuan untuk berhenti sejenak dan merespons dengan cara yang kamu inginkan, pada saat itu, daripada harus mengatur ulang atau memperbaiki pagar nanti. Dalam beberapa hal, ini seperti mengakses kebijaksanaan melihat ke belakang pada saat ini.

Bagaimana kebugaran membantu kesehatan mental? Ketika kita sehat secara mental, cara kita berinteraksi dengan dunia berbeda. Ini bukan hanya satu interaksi dengan pasangan. Ini adalah efek kumulatif pada kesehatan emosional kita. Bayangkan menjadi kurang reaktif dalam ratusan interaksi yang kita lakukan setiap minggu. Seperti yang ditunjukkan oleh contoh di atas, kami memilih bagaimana menjadi dan bagaimana merespons, daripada melakukan ping-pong dari satu reaksi ke reaksi lainnya. Seiring waktu, itu menambah jauh lebih sedikit stres dan emosi negatif.

Dengan cara yang sama seperti kebugaran jasmani kita juga mempengaruhi kesehatan mental kita, kebugaran rohani kita pada akhirnya mempengaruhi kesehatan dan kesejahteraan fisik kita.

Atlet-Asia-Hitam-Bermeditasi-Oleh-Air

Bagaimana Cara Kerja Kebugaran Rohani?

Otak kita membawa pikiran di sepanjang jalur saraf. Jalur ini seperti bekas roda yang telah dibuat dan diperkuat dari waktu ke waktu. Jika kamu selalu mengambil rute yang sama untuk bekerja, kamu mungkin memperhatikan bahwa kamu bisa sampai di sana dengan “autopilot.” Ketika kita mengulangi pola pikir tertentu berkali-kali, jalur saraf itu diperkuat, dan pemikiran itu menjadi otomatis.

Meskipun rutinitas sehari-hari bisa jadi baik, dalam hal pola pikir kita, kita perlu menyadari apa rutinitas kita dan jalur apa yang kita perkuat secara tidak sengaja.

Masalah dengan berpikir otomatis (atau berpikir cepat, sebagaimana Daniel Kahnemann menyebutnya) adalah ketika hal itu menyebabkan kita bereaksi dengan cara yang tidak membantu dalam situasi saat ini. Reaksi kita didasarkan pada jalur yang sudah usang menuju emosi atau pemicu masa lalu. 

Saat kamu membangun kebugaran rohani, kamu mempunyai kesadaran, kekuatan mental, dan kelincahan untuk mengidentifikasi opsi dan memilih rute lain. Apa yang saya inginkan terjadi di sini? Ke mana saya ingin pergi? Terlalu sering, kita bertindak, berbicara, dan berpikir secara otomatis atau tidak sadar.

Pemikiran otomatis berasal dari otak kelangsungan hidup kita, sistem limbik. Itu terus-menerus memindai lingkungan untuk mencari ancaman dan telah melalui evolusi. Kami mewarisi sistem limbik dari simpanse dan itu bisa melindungi kami. Namun di dunia modern, hal itu bisa menimbulkan pikiran dan tindakan yang menyakiti kita juga.

Ini adalah bagian otak manusia yang bisa kita kembangkan dan program ulang. Dengan kesengajaan yang sama bahwa kita memperkuat otot-otot tertentu atau menyempurnakan gerakan, kita bisa menciptakan jalur saraf yang lebih baik melayani kita dan bermanfaat bagi kehidupan kita. Inilah inti dari yang kami maksud dengan pelatihan kebugaran rohani.

Apa Manfaat Kebugaran Rohani?

Mengembangkan kemampuan untuk kebugaran rohani yang lebih baik bisa bermanfaat bagi kamu dan semua orang di sekitar kamu.

  • Hadir. Dalam keadaan sadar, kita bisa menyimpan informasi, mendengarkan, dan waspada dengan lebih baik, tetapi tidak disabotase oleh gangguan. Ini menghasilkan lebih banyak kenikmatan hidup dan hubungan yang lebih baik dan kemampuan untuk berhubungan dengan orang lain.
  • Kemampuan untuk merespon, bukan bereaksi. Ketika kita mempunyai lebih banyak kendali atas pikiran otomatis kita, kita bisa memilih untuk merespons dengan cara yang lebih rasional dan tidak terlalu emosional. Ini meningkatkan hubungan kita dan cara kita berpikir tentang dunia dan mempertahankan lebih banyak pilihan di lingkungan apa pun.
  • Peningkatan fungsi kognitif. Fokus yang lebih baik, kecepatan pemrosesan, memori, konsentrasi, manajemen waktu, dan komunikasi mempunyai dampak positif, secara pribadi dan profesional. Hubungan membaik sebagai hasil dari mengingat informasi tentang teman dan keluarga, peristiwa penting, dan tepat waktu.
  • Peningkatan emosi positif: optimisme. Dengan meningkatnya kesadaran, muncul kemampuan untuk memperhatikan dan membingkai ulang pikiran dengan cara yang lebih bermanfaat. Pikiran yang lebih baik dan kasih sayang membentuk pola pikir optimis yang mengarah pada perilaku yang lebih positif.
  • Lebih percaya diri. Dengan optimisme, hubungan kita dengan diri sendiri menjadi lebih kuat. Harga diri dan efikasi diri – kepercayaan pada kemampuan kita – meningkat, dan kita mungkin lebih fokus pada kekuatan kita. Rasa sayang diri dan empati meningkat sebagai hasil dari latihan perhatian.
  • Kemampuan untuk mengembangkan kebiasaan positif di semua bidang kehidupan. Kebutuhan untuk membentuk kebiasaan baru yang lebih baik beradaptasi tidak pernah berhenti. Self-efficacy, perhatian, dan manajemen waktu meningkatkan kemampuan kita untuk membangun kebiasaan.
  • Peningkatan tidur. Seperti halnya kebugaran jasmani, kebugaran rohani juga berkontribusi pada kualitas tidur yang lebih baik.
Ejbc9A9Vmdecwzkqs2Dchxd7Qe0Jez Gny4Ltmvnz 2Rpthdsao1Aadphoft9Zlq6Szojrzyh7Vatrng E3Lzrkv06Bnfoaezyr38Z1Btpl73B3Rm Gdnoodyzs0Pdc42Wax2P1Fjyhbad3Amdvbjxgu Jsm9T8R31Vpsvhxzyobcg37Sl8Ylc9S4W | Ditulis.id

Mengapa Penting Untuk Memperhatikan Kebugaran Rohani Kamu

Otak simpanse kita menghasilkan bias negatif  —  kita mempunyai satu pikiran positif untuk setiap tiga pikiran negatif. Hal ini bisa mengakibatkan kesalahan kognitif. Bias umum termasuk “semua atau tidak sama sekali” atau pemikiran terpolarisasi, di mana kita memberi label situasi sebagai absolut. Kami mengatakan, “dia tidak pernah mendengarkan” atau “Saya selalu terlambat” alih-alih mengatasi situasi saat ini.

Anggapan itu juga mengakar di otak simpanse. Kami menyimpan bias bawah sadar di sini dan langsung mengambil kesimpulan tanpa mencari bukti terlebih dahulu. Membaca pikiran, atau percaya bahwa kita bisa menebak perasaan atau pikiran orang lain, adalah kesalahan kognitif lainnya — kita mencurigai adanya ancaman dan bertujuan untuk melindunginya. Kami juga jatuh ke dalam bahasa yang membawa kewajiban dan rasa bersalah, seperti harus/harus.

Jika kita tetap tidak menyadarinya, kesalahan kognitif ini bisa mendatangkan malapetaka dalam hubungan, di tempat kerja, pada harga diri kita dan di semua bidang kehidupan. Bekerja dengan seorang pelatih bisa membantu kamu mengenali kesalahan kognitif kamu ketika itu terjadi. Mengadopsi latihan meditasi secara teratur juga bisa meningkatkan kesadaran kamu. 

Meskipun kita tidak bisa mengontrol sifat otak simpanse kita, kita bertanggung jawab untuk mempelajari kecenderungannya dan mengelolanya, seperti mempunyai seekor anjing.

Bagaimana Kamu Bisa Melatih Otak Kamu?

kamu bisa mempertajam memori dan fungsi kognitif dengan bermain game, teka-teki, dan beberapa aplikasi pelatihan otak yang meningkatkan kecepatan pemrosesan.

Namun, latihan terbaik mungkin adalah perhatian. Pelajari cara bermeditasi. Sebagai guru dan praktisi perhatian yang terlatih, saya telah melihat manfaat yang diperoleh klien pelatihan saya dari mengembangkan kemampuan ini. Menjadikannya sebagai rutinitas kamu seperti mandi adalah salah satu hadiah terbaik yang bisa kamu berikan kepada diri sendiri dan orang lain dalam hidup kamu.

Lakukan latihan teratur sepuluh hingga lima belas menit per hari dengan duduk dengan mata tertutup, atau jika itu tidak nyaman, fokuslah dengan lembut pada sesuatu. Kamu bisa melatih otot perhatian kamu untuk tetap fokus pada apa yang kamu katakan. Kamu belajar menjadi pengamat pikiran kamu dan mencapai pelepasan dari pikiran kamu. Kamu belajar bahwa pikiran bersifat sementara dan melihat pilihan yang kamu miliki tentang pikiran mana yang kamu perhatikan.

Kemampuan nyata yang kamu kembangkan adalah menjadi lebih mampu memperhatikan ketika perhatian kamu telah terganggu oleh pikiran. Ketika kamu memperhatikan gangguan kamu dalam meditasi, kamu menjadi lebih bisa memperhatikan ketika kamu terganggu dalam kehidupan sehari-hari. Kamu mengenali ketika kamu memikirkan sesuatu yang melemahkan. Kamu menyadari bahwa otak simpanse kamu mendorong kesalahan kognitif.

Meninjau kembali metafora jalan dan jalur, itu seperti mempunyai lebih banyak lampu di jalan dan lebih banyak tanda yang menandai rute (pemikiran) ke tujuan (perilaku) yang lebih disukai dan lebih positif. Ketika kamu mengembangkan kemampuan untuk memperhatikan pikiran dan membingkainya kembali, kamu mendapatkan respons yang lebih sadar dan perilaku yang berpotensi baru.

Tindakan berpikir tentang apa yang kita pikirkan disebut metakognisi. Sangat penting untuk berlatih bertujuan untuk metakognisi karena 95% dari pikiran kita tidak sadar. Seringkali, pemikiran otomatis terjadi, kita bereaksi, dan sudah terlambat. Ini mungkin muncul sebagai kebiasaan yang ingin kamu hentikan — makan tanpa berpikir, mengkhawatirkan apa yang kita baca di berita, mengirim SMS yang kita sesali, atau menghabiskan uang di luar kemampuan kita.

Latihan mindfulness yang teratur menciptakan kesadaran yang tinggi, atau kesadaran. Ini memungkinkan kita untuk mengembangkan lebih banyak ketahanan, pengaturan emosi, dan emosi positif.

Pria-Meditasi-Dalam-Pose-Teratai-Kebugaran-Mental

9 Cara Untuk Menjadi Lebih Sehat Secara Rohani, Mulai Hari Ini

  1. Dapatkan latihan fisik. Pikiran dan tubuh saling berhubungan. Sama seperti mindfulness bisa mengendurkan otot-otot tubuh, berolahraga bisa mengendurkan pikiran dan menghilangkan stres dan ketegangan. Itu juga bisa berperan dalam rasa pencapaian, yang merupakan landasan model kebahagiaan Martin Seligman, PERMA.
  2. Makan dan minum dengan cerdas. Tetap terhidrasi karena otak kamu membutuhkan air untuk fungsi kognitif yang optimal. Berbagai buah dan sayuran berwarna setiap hari mendukung kesehatan usus dan kesehatan otak yang optimal.
  3. Bermeditasi setiap hari. Buat rutinitas yang sesuai untuk kamu, dan berkomitmen untuk itu. Hanya lima belas menit per hari sudah cukup untuk melihat perubahan signifikan dari waktu ke waktu. Dan seperti melatih anjing atau berolahraga, konsistensi adalah kuncinya. Jika kamu baru mengenalnya, mulailah dengan program pemula di aplikasi seperti Tripp. Setelah kamu mempelajari dasar-dasarnya, yang kamu butuhkan hanyalah pengatur waktu.
  4. Buatlah jurnal rasa syukur. Ini bisa sesederhana dokumen kata di komputer kamu atau buku catatan fisik yang ditulis tangan. Perbarui secara teratur dan tetap terlihat. Menumbuhkan “sikap syukur” membantu mengembangkan lebih banyak emosi positif dan mengalihkan pemikiran kita ke arah optimisme. Banyak penelitian menunjukkan korelasi positif antara peningkatan kesehatan dan optimisme. Pikiran benar-benar berdampak pada kesehatan kita secara keseluruhan.
  5. Jadikan memperhatikan hal-hal baru sebagai bagian dari hari kamu. Ini bisa sesederhana menetapkan goals untuk diperhatikan tiga kali ketika kamu beralih dari duduk ke berdiri sepanjang hari. Ini jauh lebih sulit daripada kedengarannya. Kita sebagian besar berada di alam bawah sadar kita, atau pikiran otomatis ketika kita melakukan tindakan ini. Memperhatikan melatih otak kamu untuk meningkatkan perhatian.
  6. Berlatih menikmati. Menikmati adalah intervensi dari Psikologi Positif Terapan. Ini melibatkan perlambatan selama saat-saat tertentu selama periode lima hari. Momen-momen ini bisa mencakup memeluk orang yang dicintai, makan, minum secangkir kopi, menghirup udara segar pertama saat melangkah keluar, atau bagaimana rasanya merangkak ke tempat tidur setelah hari yang panjang.
  7. Berlatih memperhatikan pikiran kamu. Membingkai ulang sedapat mungkin. Tanyakan pada diri sendiri: Apakah ini membantu? Apakah ini jenis?
  8. Melatih kesadaran tubuh. Duduk dengan mata tertutup atau fokus lembut selama lima menit dan pindai tubuh kamu. Tempatkan perhatian kamu di setiap bagian tubuh mulai dari bagian atas kepala dan turun ke jari kaki. Di mana pun kamu melihat ketegangan, fokus dan tarik napas secara sadar sampai ketegangan dilepaskan. Lakukan ini setiap hari untuk meningkatkan kesadaran tentang apa yang terjadi di tubuh kamu. Apa yang ingin kamu ketahui? Latih perhatian kamu untuk tetap fokus pada poin-poin tertentu.
  9. Ingatkan insting simpanse kamu. Simpan daftar pemikiran yang memungkinkan (jalur saraf baru) yang ingin kamu percayai di lokasi yang terlihat, seperti pada catatan tempel. Ini bisa berupa apa saja mulai dari “Saya mengambil tindakan terilhami” hingga “Saya telah menerima umpan balik yang bagus dan tahu saya bisa melakukannya.” Pengingat yang terlihat membantu meyakinkan otak simpanse bahwa kita mempunyai bukti bahwa itu aman.

5 Contoh Kebugaran Rohani

Ingat, membangun kemampuan rohani dan menjadi sehat dan kuat secara mental tidak berarti kamu akan selalu bahagia atau tidak pernah mengalami kemunduran. Jadi seperti apa kebugaran rohani itu?

Berikut adalah beberapa contoh seperti apa hidup kamu ketika kamu sehat secara mental: 

  1. Menetapkan batasan yang sehat. Kamu mempunyai batasan yang nyaman antara berbagai bagian kehidupan kamu dan dalam hubungan kamu. Kamu secara alami menetapkan ini dan merasa nyaman menetapkan kembali batas-batas ketika kamu melihat ada sesuatu yang tidak bekerja untuk kamu.
  2. Meluangkan waktu untuk olah batin. Kamu membuat latihan teratur untuk berhubungan dengan emosi dan nilai-nilai kamu dan memeriksa tujuan dan keselarasan kamu dengan nilai-nilai kamu. 
  3. Menggali ide dan minat baru. Kamu merasa tenang, terbuka, dan ingin tahu. Hal-hal yang baru atau tidak dikenal memberikan energi daripada mengancam atau melelahkan.
  4. Membudayakan komunitas. Kamu sedang membangun dan memelihara hubungan yang mendasarkan kamu pada nilai-nilai kamu dan membantu kamu menantang pemikiran dan keyakinan kamu. Komunitas memelihara dan mendukung pertumbuhan kamu. 
  5. Memperluas zona nyaman kamu. Dari fondasi emosional dan sosial yang stabil, kamu bersandar pada pertumbuhan dan meregangkan diri dengan tantangan baru. Kamu tangguh dalam kegagalan dan belajar darinya. 

Kesimpulan

Dengan segala jenis latihan, keteraturan dan konsistensi sangat penting untuk membangun kekuatan dan kebugaran. Program kebugaran otak tidak berbeda. Yang penting adalah mulai melatih pikiran kamu dan mengembangkan inti psikologis kamu hari ini.

Ingat, dalam meditasi, tujuannya bukanlah untuk sepenuhnya menghentikan pikiran. Cukup perhatikan ketika kamu telah terganggu dan dengan lembut kembalikan perhatian kamu ke titik fokus, dengan senyuman. Ketika kamu melakukan itu, kamu sedang mengembangkan kebugaran rohani.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here