Kita semua mengagumi orang-orang yang disiplin. Karena apa pun yang ingin Anda capai – mulai dari hingga belajar bahasa baru – seringkali menjadi faktor kunci.

Tetapi banyak dari kita berpikir bahwa orang yang disiplin menjadi disiplin karena genetika mereka. Seperti itu semacam sifat kepribadian tetap.

Hal-Hal Yang Tidak Pernah Dilakukan Orang Yang Disiplin

Hal-Hal Yang Tidak Pernah Dilakukan Orang Yang Disiplin
Hal-Hal Yang Tidak Pernah Dilakukan Orang Yang Disiplin

Dalam pengalaman saya, setiap orang mempunyai kemampuan untuk disiplin, tetapi kebiasaan buruklah yang menghalangi.

Terlepas dari apa yang Anda percayai, kebanyakan orang tidak kekurangan keinginan atau motivasi untuk disiplin dalam hidup mereka.

Tetapi mereka kurang memahami tentang kebiasaan yang benar untuk menjadi orang yang disiplin.

Jadi hari ini, kita akan fokus pada apa yang tidak pernah dilakukan orang yang disiplin.

Jika Anda mendapati diri Anda melakukan beberapa hal ini, maka Anda mungkin menemukan mengapa Anda tidak disiplin seperti yang Anda harapkan.

1. Hanya Mengandalkan Kemauan Keras

Orang dengan banyak menyadari bahwa tekad hanya boleh digunakan sebagai upaya terakhir.

Ini mengejutkan banyak orang karena banyak dari kita percaya bahwa orang yang disiplin mempunyai lebih banyak kemauan.

Tetapi tekad tidak boleh menjadi strategi utama untuk mencapai hal-hal yang sulit.

Seharusnya hanya digunakan sebagai rencana cadangan.

James Clear dalam bukunya Atomic Habits mengatakan bahwa penelitian telah menemukan bahwa disiplin lebih baik dalam menyusun kehidupan mereka untuk tidak bergantung pada kemauan keras:

“Ketika para ilmuwan menganalisis orang-orang yang tampaknya mempunyai pengendalian diri yang luar biasa, ternyata orang-orang itu tidak jauh berbeda dengan mereka yang sedang berjuang. Sebaliknya, orang-orang yang “disiplin” lebih baik dalam menata kehidupan mereka dengan cara yang tidak memerlukan kemauan keras dan pengendalian diri yang heroik. Dengan kata lain, mereka menghabiskan lebih sedikit waktu dalam situasi yang menggoda.”

Orang yang disiplin tahu bahwa ada banyak strategi yang lebih baik untuk tetap berkomitmen pada tugas dan tujuan mereka.

Misalnya, orang yang disiplin diri merancang lingkungan mereka agar lebih kondusif untuk menyelesaikan suatu tujuan.

Jika mereka harus belajar keras untuk ujian, alih-alih mencoba fokus di rumah di mana ada banyak gangguan di sekitar mereka, mereka pergi ke perpustakaan, meninggalkan ponsel mereka di rumah dan mencari tempat tanpa gangguan untuk belajar.

Daripada menggunakan tekad Anda untuk menahan godaan, mengapa tidak menghilangkannya sejak awal?

Jika Anda benar-benar ingin lebih disiplin, tanyakan pada diri sendiri:

Bagaimana saya bisa mencapai tujuan saya dengan menggunakan tekad yang paling terbatas?

2. Menunggu Motivasi

Yang tidak pernah dilakukan orang yang mengtahui bahwa mereka tidak bisa mengandalkan motivasi.

Seperti apa pun, motivasi datang dan pergi. Itu bonus ketika itu ada, tetapi tidak mungkin untuk selalu ada.

Banyak orang percaya bahwa untuk menyelesaikan tugas-tugas sulit kita perlu dimotivasi terlebih dahulu.

Orang yang disiplin tidak menunggu inspirasi datang.

Mereka memahami bahwa mengambil tindakan di tempat pertama sebenarnya akan menghasilkan lebih banyak motivasi dalam jangka panjang.

Tentu, merasa baik membantu Anda melakukan hal-hal sulit, tetapi melakukan hal-hal sulit membuat Anda merasa baik.

Orang yang disiplin diri fokus pada mengambil tindakan terlebih dahulu.

Mereka tahu bahwa motivasi datang ketika Anda mulai membuat kemajuan, jadi lebih penting untuk mengambil tindakan kecil setiap hari tidak peduli seberapa termotivasi Anda.

Menurut James Clear dalam Atomic Habits, tindakan Andalah yang mengungkapkan motivasi Anda.

“Tindakan Anda mengungkapkan betapa Anda sangat menginginkan sesuatu. Jika Anda terus mengatakan sesuatu adalah prioritas tetapi Anda tidak pernah menindaklanjutinya, maka Anda tidak benar-benar menginginkannya. Saatnya untuk melakukan percakapan yang jujur ​​dengan diri sendiri. Tindakan Anda mengungkapkan motivasi Anda yang sebenarnya.”

Dengan kata lain:

Berhentilah menunggu motivasi dan bangun sendiri melalui tindakan.

Jadi bagaimana Anda bisa memastikan bahwa Anda benar-benar mengambil tindakan untuk mencapai tujuan Anda (tanpa bergantung pada motivasi)?

Nah, Anda harus tahu dulu apa tujuan Anda sebenarnya.

Saya belajar tentang ini dari Life Journal, yang dibuat oleh pelatih dan guru kehidupan yang sangat sukses, Jeanette Brown.

Anda tahu, tekad hanya membawa kita sejauh ini… kunci untuk mengubah hidup Anda menjadi sesuatu yang Anda sukai dan antusias membutuhkan ketekunan, perubahan pola pikir, dan penetapan tujuan yang efektif.

3. Percayai Perasaan Mereka

Orang yang disiplin diri tidak mempercayai perasaan mereka.

Mereka mendengarkan perasaan mereka dan mereka sangat menyadarinya, tetapi mereka tidak membiarkan perasaan itu menguasai mereka.

Jika Anda ingin disiplin, maka Anda perlu menyadari bahwa Anda tidak selalu bisa mempercayai emosi Anda.

Emosi adalah tebakan pikiran Anda tentang bagaimana Anda harus bertindak.

Anda tidak ingin mengabaikan mereka, tetapi Anda juga tidak ingin mengikuti mereka secara membabi buta.

Misalnya, Anda mungkin ingin berolahraga selama 30 menit setiap pagi saat bangun tidur, tetapi emosi Anda ingin Anda tetap di tempat tidur.

Emosi Anda juga ingin agar Anda mendapatkan porsi es krim ekstra setelah makan malam.

Disiplin diri lebih skeptis terhadap emosi mereka. Mereka tidak selalu mempercayai mereka.

Ya, Anda harus mendengarkan emosi Anda, tetapi Anda tidak boleh menerima perintah dari mereka.

4. Khawatir Akan Hasil

Orang yang disiplin fokus pada apa yang bisa mereka kendalikan.

Mereka bekerja dengan mantap menuju tujuan mereka, tetapi mereka tidak terlalu khawatir tentang hasilnya.

Orang yang disiplin memahami bahwa mereka tidak bisa benar-benar mengontrol hasil. Mereka hanya bisa mengontrol tindakan mereka, yang jika dilakukan secara konsisten dari waktu ke waktu, akan mengarah pada tujuan atau hasil yang diinginkan.

Mereka tidak bisa mengontrol apakah sebuah novel akan , tetapi mereka bisa mengontrol penulisan 1000 kata per hari.

Menghabiskan terlalu banyak waktu untuk memikirkan tujuan Anda dan tidak mengambil tindakan adalah buang-buang waktu.

Orang yang disiplin “atur dan lupakan”.

Ya, Anda perlu merencanakan tujuan dan tindakan Anda pada awalnya, dan sesekali menghargai diri sendiri ketika Anda membuat kemajuan, tetapi fokus utama Anda harus pada tindakan kecil yang bisa Anda ambil sekarang.

5. Datang Dengan Rencana Yang Sempurna

Meskipun mempunyai rencana itu penting, kebutuhan untuk mempunyai rencana yang sempurna sebenarnya merugikan untuk mencapai kesuksesan.

Orang yang disiplin berfokus pada pengembangan rencana yang “cukup baik” dan kemudian mulai mengambil tindakan.

Mencoba membuat rencana yang sempurna membuat Anda siap menghadapi kelumpuhan analisis.

Jumlah pengambilan keputusan dan informasi yang perlu Anda pertimbangkan untuk membuat rencana yang sempurna membuat orang merasa lumpuh oleh keragu-raguan dan tidak bisa mengambil tindakan nyata.

Orang yang disiplin tahu bahwa rencana yang sempurna mungkin tidak ada.

Anda tidak bisa memprediksi bagaimana setiap langkah akan berjalan, dan bagaimana dunia luar akan bereaksi terhadap tindakan yang Anda ambil.

Orang yang disiplin menyadari bahwa Anda tidak memerlukan rencana yang sempurna untuk mencapai tujuan Anda. Yang perlu Anda lakukan adalah terus mengambil langkah berikutnya.

James Clear mengatakannya dengan baik:

“Sangat mudah untuk terjebak mencoba menemukan rencana optimal untuk perubahan: cara tercepat untuk menurunkan berat badan, program terbaik untuk membangun otot, ide sempurna untuk pekerjaan sampingan. Kami sangat fokus untuk menemukan pendekatan terbaik sehingga kami tidak pernah sempat mengambil tindakan. Seperti yang pernah Voltaire, “Yang terbaik adalah musuh dari yang baik.”

6. Memikirkan Perubahan Kecil Yang Tidak Berarti

Banyak dari kita berpikir bahwa dibutuhkan tindakan besar-besaran untuk mencapai tujuan besar kita.

Tetapi mencapai tujuan besar jarang terjadi dengan cepat, juga tidak membutuhkan upaya besar untuk mencapainya.

Orang-orang disiplin yang mengambil tindakan setiap hari menyadari bahwa Anda mencapai tujuan besar Anda dengan perlahan-lahan menjadi lebih baik setiap hari.

Jika Anda ingin akhirnya membaca 100 halaman buku sehari, Anda akan berjuang untuk mengikuti kebiasaan itu pada awalnya. Terlalu besar jika Anda tidak terbiasa membaca setiap hari.

Tetapi jika Anda perlahan-lahan mengerjakannya sendiri dengan membaca 10 halaman selama satu bulan, kemudian 20 halaman untuk bulan berikutnya, dan kemudian 30 halaman, dll…kebiasaan itu kemungkinan besar akan melekat.

Dan menjaga kebiasaan itu adalah kuncinya di sini.

Membaca 12 buku setahun terdengar seperti tujuan besar, tetapi jika Anda mengubah tujuan menjadi membaca 10 halaman sehari (yang mengarah pada membaca 12 buku setahun) maka itu tidak terdengar terlalu sulit.

Kebiasaan kecil setiap hari membawa hasil yang signifikan.

Ini mungkin tidak tampak besar pada saat itu, tetapi kebiasaan positif kecil yang diulang cukup lama bisa menghasilkan sesuatu yang istimewa.

James Clear menjelaskan matematika di balik bagaimana peningkatan kecil yang konsisten mengarah pada kesuksesan:

“Sementara itu, peningkatan sebesar 1 persen tidak terlalu mencolok—kadang bahkan tidak terlihat—tetapi bisa jauh lebih berarti, terutama dalam jangka panjang. Perbedaan yang bisa dibuat oleh peningkatan kecil dari waktu ke waktu sangat mencengangkan. Begini cara matematikanya: jika Anda bisa mendapatkan 1 persen lebih baik setiap hari selama satu tahun, Anda akan menjadi tiga puluh tujuh kali lebih baik pada saat Anda selesai. Sebaliknya, jika Anda mendapatkan 1 persen lebih buruk setiap hari selama satu tahun, Anda akan menurun hampir ke nol. Apa yang dimulai sebagai kemenangan kecil atau kemunduran kecil terakumulasi menjadi sesuatu yang lebih.”

7. Memulai dengan yang besar terlalu cepat

Orang yang disiplin memahami bahwa sulit untuk menerapkan kebiasaan baru dalam hidup Anda jika itu terlalu besar untuk memulai.

Menurut Dr. Magda Osman, Profesor psikologi eksperimental di Queen Mary University, ketika kita menghadapi kenyataan betapa sulitnya sebuah kebiasaan baru, “usahanya terlalu banyak dan kita akan menyerah”

“Bangun pagi untuk berolahraga untuk gaya hidup sehat baru mungkin tampak seperti pilihan yang baik, tetapi begitu alarm Anda berbunyi di pagi Januari yang dingin, hasilnya tidak cukup untuk membuat Anda bangun dan berdiri dari tempat tidur.”

Kita semua mempunyai harapan dan impian (jika tidak, maka Anda mungkin bukan tipe orang yang akan membaca artikel ini).

Sangat bagus untuk mempunyai arah ke mana Anda ingin pergi, tetapi karena keinginan kita begitu kuat, itu bisa dengan mudah memikat kita untuk menggigit lebih dari yang bisa kita kunyah.

Jika tujuan Anda adalah menurunkan 30 pon, itu tidak akan terjadi dengan satu upaya besar-besaran.

Jika Anda serius ingin membuat perubahan, maka ini tentang memulai dari yang kecil dan perlahan-lahan melakukan perbaikan.

Ingin melakukan 50 push up per hari? Mulailah dengan 10 dan tingkatkan terus.

Ingin mulai bermeditasi? Mulailah dengan satu menit setiap pagi selama seminggu dan kemudian lakukan 2 menit setiap pagi pada minggu berikutnya.

Ketika sesuatu lebih mudah dilakukan, itu juga membuatnya lebih mudah untuk diterapkan dalam hidup Anda.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here