Kita semua mempunyai setan / sisi gelap di dalam diri kita. Setiap hari, kami melawan mereka – terkadang kami kalah, terkadang kami menang.

Setan-setan yang menghantui kita ini bisa dilihat dalam pandangan sekilas atau dalam kekacauan penuh. Dan karena rasa bersalah dan malu kita, kita cenderung mengabaikan dan menguburnya.

Kami berpikir bahwa mereka harus tetap tersembunyi karena mereka tidak bisa dan tidak seharusnya ada dalam kesadaran diri kita. Masyarakat memberitahu kita untuk fokus pada hal-hal baik seperti cinta dan terang, tetapi tidak pernah pada kegelapan atau bayangan.

Berfokus hanya pada sisi positif Anda itu mudah dan nyaman. Tidak heran sebagian besar dari kita menghindari bagian yang lebih gelap dari kepribadian kita.

“Orang akan melakukan apa saja, tidak peduli seberapa absurdnya, untuk menghindari menghadapi jiwa mereka sendiri. Mereka akan berlatih yoga India dan semua latihannya, menjalankan pola makan yang ketat, mempelajari literatur dari seluruh dunia – semua karena mereka tidak bisa melanjutkan diri mereka sendiri dan tidak mempunyai keyakinan sedikitpun bahwa sesuatu yang berguna bisa keluar dari jiwa mereka sendiri. Dengan demikian jiwa secara bertahap telah berubah menjadi Nazaret dari mana tidak ada hal baik yang bisa datang.” – Carl Jung

Namun, ketika kita hanya fokus pada “cahaya”, itu tidak mencapai kedalaman keberadaan kita. Rasanya seperti menggantung di permukaan yang hangat dan tidak jelas.

“Berpikir positif hanyalah filosofi kemunafikan – untuk memberinya nama yang tepat. Ketika Anda merasa ingin menangis, itu mengajarkan Anda untuk bernyanyi. Anda bisa mengatur jika Anda mencoba, tetapi air mata yang tertahan itu akan keluar pada titik tertentu, dalam situasi tertentu. Ada batasan untuk represi. Dan lagu yang Anda nyanyikan sama sekali tidak berarti; Anda tidak merasakannya, itu tidak lahir dari hati Anda.” – Osho

Di dalam diri kita masing-masing adalah masalah yang lebih gelap yang ada. Untuk menyentuh bagian paling dalam dari keberadaan kita, kita harus siap untuk mengeksplorasi diri kita yang terkubur melalui sisi gelap.

Dan untuk benar-benar damai, kita perlu berhubungan dengan sisi gelap kita, daripada menekannya.

Berikut adalah hal-hal dasar yang perlu Anda ketahui tentang sisi gelap:

“Di balik topeng sosial yang kita pakai setiap hari, kita mempunyai sisi bayangan tersembunyi: bagian impulsif, terluka, sedih, atau terisolasi yang biasanya kita coba abaikan. Bayangan bisa menjadi sumber kekayaan emosional dan vitalitas, dan mengakuinya bisa menjadi jalan menuju penyembuhan dan kehidupan yang otentik.” – Steve Wolf

DAFTAR ISI:

Baca Juga:
Apa Yang Dimaksud Dengan Pemasaran? Mengapa Bisnis Anda Tidak Bisa Jalan Tanpanya

Pertama, kita harus mendefinisikan apa itu “bayangan”.

Dalam bidang psikologi, bayangan adalah istilah yang digunakan untuk merujuk pada bagian-bagian dalam diri kita yang mungkin kita coba sembunyikan atau sangkal. Nama ini awalnya diciptakan dan dieksplorasi oleh psikiater dan psikoanalisis Swiss, Carl Jung.

Ini terdiri dari aspek kepribadian kita yang cenderung kita anggap memalukan, tidak bisa diterima, jelek. Itu bisa berupa iri hati, iri hati, amarah, nafsu, keinginan untuk berkuasa, atau luka yang timbul di masa kanak-kanak – semua itu kita sembunyikan.

Bisa dibilang itu adalah sisi gelap seseorang dari dirinya sendiri. Dan tidak peduli apa yang dikatakan orang, setiap orang mempunyai sisi gelap dari kepribadian mereka.

Jung percaya bahwa ketika Bayangan manusia dijauhi, ia cenderung menyabot kehidupan kita. Menekan atau menekan bayangan seseorang bisa mengakibatkan kecanduan, harga diri rendah, penyakit mental, penyakit kronis, dan berbagai neurosis.

“Setiap orang membawa bayangan, dan semakin sedikit bayangan itu diwujudkan dalam kehidupan sadar individu, semakin hitam dan padat itu.” – Carl Jung

Semua tidak hilang, terlepas dari apa yang mungkin Anda katakan pada diri sendiri saat ini.

Anda bisa belajar untuk mengidentifikasi dan bekerja dengan bayangan Anda sendiri sehingga Anda bisa mencapai tujuan Anda dan menjalani kehidupan terbaik Anda.

Bagi banyak orang, menyangkal diri mereka adalah jalan yang biasanya mereka pilih, tetapi seperti yang akan Anda lihat di sini, kami adalah penggemar berat menerima siapa Anda sebenarnya dan bekerja dengan itu, sambil memilih pemikiran dan emosi strategis untuk terus bergerak. maju.

Transformasi, yang banyak dicari oleh kita, tidak datang dari tempat penyangkalan. Itu datang dari tempat penerimaan.

Syukurlah, kita masih bisa mengakui kegelapan kita untuk menciptakan perubahan positif. Dengan mengetahui sisi gelap, kita menjelaskan diri kita yang gelap, alih-alih berpura-pura menjadi “terang”.

Meskipun Anda mungkin berpikir tidak mungkin untuk menemukan jalan Anda ke “sisi gelap” dan menjadi orang yang lebih baik, kami di sini untuk memberi tahu Anda, itu benar.

Baca Juga:
Email Marketing: 5 Cara Meningkatkan Dan Segmentasi Daftar Email Anda

Dan faktanya, jika Anda menerima apa yang menurut Anda menghambat Anda, Anda mungkin lebih baik untuk itu.

“Manusia membutuhkan kesulitan; mereka diperlukan untuk kesehatan.” – Carl Jung

Kami telah menguraikan delapan cara yang bisa Anda lakukan untuk menaklukkan bayangan diri Anda sendiri dan mempunyai hidup Anda seperti yang dimaksudkan untuk dijalani.

KUIS: Apa kekuatan super tersembunyi Anda? Kita semua mempunyai ciri kepribadian yang membuat kita istimewa… dan penting bagi dunia.

7 Cara Berlatih Mengetahui Sisi Gelap Kita Untuk Proses Penyembuhan

7 Cara Berlatih Mengetahui Sisi Gelap Kita Untuk Proses Penyembuhan
7 Cara Berlatih Mengetahui Sisi Gelap Kita Untuk Proses Penyembuhan

1. Percaya Bahwa Anda Layak Dan Segalanya Akan Menjadi Lebih Baik

Langkah pertama dalam mengatasi bayangan diri Anda dan mengambil kembali hidup Anda adalah mengakui bahwa Anda layak mendapatkan hal-hal baik.

Ketika kita merasa rendah, mudah untuk terus merasa seperti itu. Manusia mempunyai kemampuan luar biasa untuk mengasihani diri sendiri, dan terkadang hanya itu yang ingin kita lakukan dan itu memenuhi tujuannya.

Tetapi terkadang, rasa mengasihani diri sendiri itu menguasai kita dan membuat kita sangat sulit untuk keluar dari kebiasaan dan kembali ke rutinitas normal kita, atau bahkan lebih baik lagi, diri kita yang terbaik.

Kuncinya adalah belajar mencintai diri sendiri.

Namun, di zaman sekarang ini, mempraktekkan self love itu sulit.

Mengapa?

Karena masyarakat mengkondisikan kita untuk menemukan diri kita sendiri melalui hubungan kita dengan orang lain. Bahwa jalan sejati menuju kebahagiaan dan kepuasan adalah menemukan cinta dengan orang lain.

Baru-baru ini saya memahami bahwa ini adalah standar yang sangat tidak membantu.

Apa yang saya temukan adalah bahwa hubungan yang saya miliki dengan diri saya sendiri tercermin dalam hubungan saya dengan orang lain. Oleh karena itu, sangat penting bagi saya untuk mengembangkan hubungan yang lebih baik dengan diri saya sendiri.

2. Identifikasi bayangannya

Bayangan kita terletak di alam bawah sadar kita. Kami mengubur mereka di sana itu sebabnya sulit untuk mengidentifikasinya.

Untuk mengetahui sisi gelap, kita perlu mengidentifikasi bayangan. Langkah pertama adalah menyadari perasaan berulang yang selalu Anda rasakan. Mengidentifikasi pola-pola ini akan membantu menyoroti bayangan.

Beberapa kepercayaan bayangan yang umum adalah:

  • Saya tidak cukup baik.
  • Saya tidak bisa dicintai.
  • saya cacat.
  • Perasaan saya tidak valid.
  • Saya harus menjaga semua orang di sekitar saya.
  • Mengapa saya tidak bisa menjadi normal seperti orang lain?

3. Perhatikan emosi yang kamu rasakan

Tidak ada emosi yang buruk.

Emosi negatif kita adalah portal ke dalam bayangan. Mereka membantu kita menentukan luka dan ketakutan kita.

Ketika Anda merasakan suatu emosi, luangkan waktu sebentar untuk memeriksanya. Tanyakan pada diri Anda pertanyaan-pertanyaan berikut:

  • Apa yang saya rasakan?
  • Mengapa saya merasakan ini?
  • Tunggu jawaban. 

Jangan frustasi jika jawabannya tidak segera datang. Terkadang, jawabannya perlu waktu untuk ditemukan dan Anda akan mengetahuinya.

Jangan pernah memaksakan jawaban dan langsung mengambil kesimpulan karena bisa jadi itu salah. Sisi gelap dianggap sebagai pekerjaan jiwa dan itu terjadi pada garis waktunya sendiri. Bersabarlah dan ketahuilah bahwa pada waktunya, jawabannya akan datang.

Langkah ini berarti menerima apa yang muncul untuk Anda, ketika itu muncul, dan mengakui bahwa Anda adalah makhluk emosional yang mungkin, dari waktu ke waktu, merasa sulit untuk mengelola emosi Anda.

Baca Juga:
Flora Dan Fauna: Apa Yang Dimaksud Flora Dan Fauna? Dan 7 Contohnya

Jadi bagaimana Anda bisa merangkul emosi Anda dan memberi mereka perhatian yang pantas mereka dapatkan? 

4. Selidiki perasaan Anda secara objektif dan dengan belas kasih

Sulit untuk mengetahui sisi gelap secara objektif dan dengan belas kasih. Lebih mudah untuk menyelidiki dan menyalahkan orang lain mengapa Anda berakhir seperti itu.

Di sisi lain, sulit untuk memahami mengapa orang yang menyakiti Anda bertindak dengan cara tertentu. Tapi untuk menyembuhkan diri kita sendiri, kita harus memaafkan mereka yang menyakiti kita agar bisa move on.

Cobalah untuk menavigasi bahwa mereka melakukan yang terbaik yang bisa mereka lakukan saat itu atau hanya bertindak dari luka mereka sendiri.

Juga mudah untuk merasa buruk tentang diri Anda karena mempunyai perasaan negatif ini. Tapi tidak ada alasan untuk merasa buruk. Kita semua mengalami emosi negatif. Kita tidak akan menjadi manusia jika tidak.

Sangat penting untuk menerima emosi negatif kita dan baik-baik saja dengan mereka.

Menurut filsuf Alan Watts, Carl Jung adalah tipe pria yang bisa merasakan sesuatu yang negatif dan tidak malu akan hal itu:

“[Jung] adalah tipe pria yang bisa merasa cemas, takut, dan bersalah tanpa merasa malu karena merasa seperti ini. Dengan kata lain, dia mengerti bahwa orang yang terintegrasi bukanlah orang yang hanya menghilangkan rasa bersalah atau kecemasan dari hidupnya – yang tak kenal takut dan kaku dan seperti orang bijak. Dia adalah orang yang merasakan semua hal ini, tetapi tidak menyalahkan dirinya sendiri karena merasakannya.” – Alan Watts

5. Berfokus pada pernapasan Anda

Seberapa besar perhatian Anda terhadap cara Anda bernapas?

Jika Anda seperti kebanyakan orang, mungkin tidak banyak. Kami biasanya hanya membiarkan tubuh kami melakukan pekerjaan dan benar-benar melupakannya.

Saya pikir ini adalah salah satu kesalahan terbesar kami.

Karena ketika Anda bernapas, Anda menghasilkan energi untuk tubuh dan jiwa Anda. Ini mempunyai hubungan langsung dengan tidur, pencernaan, jantung, otot, sistem saraf, otak, dan suasana hati Anda.

Tetapi kualitas pernapasan Anda tidak hanya bergantung pada kualitas udara — itu lebih bergantung pada bagaimana Anda bernapas.

Itulah sebabnya banyak tradisi spiritual sangat memperhatikan nafas. Dan berfokus pada pernapasan Anda adalah teknik utama yang mereka gunakan untuk membantu orang menjelajahi, dan akhirnya menaklukkan, bayangan diri mereka.

6. Jelajahi sisi bayangan (sisi gelap)

Psikolog menggunakan terapi seni sebagai cara untuk membantu pasien mengeksplorasi diri mereka sendiri. Itu karena seni adalah cara yang bagus untuk memungkinkan Bayangan Anda memanifestasikan dirinya. Berikut adalah beberapa cara untuk mengekspresikan bayangan:

Jurnal

Saat Anda menulis, itu memungkinkan Anda merasakan emosi dan mengosongkan kepala dari pikiran yang bergemuruh. Ini seperti sulap – bahkan ketika Anda menulis pikiran yang tidak masuk akal.

Tulis saja apa pun yang terlintas dalam pikiran karena Anda tidak bisa melakukannya dengan salah.

Tulis surat untuk diri sendiri atau orang yang menyakiti Anda. Anda tidak harus benar-benar mengirim surat itu, cukup ungkapkan semua perasaan Anda.

Beri tahu orang itu apa yang Anda rasakan dan mengapa Anda merasakannya. Menulis surat akan memvalidasi diri Anda dan emosi Anda. Anda bisa membakar surat itu setelah Anda menulisnya sebagai rilis simbolis.

Baca Juga:
Faktor yang Perlu Dipertimbangkan Saat Memilih kampus atau Universitas

Merenungkan

Dalam meditasi, kita memperoleh wawasan tentang mengapa kita merasakan cara-cara tertentu. Ini membantu kita memahami dan secara objektif menggali lebih dalam tentang emosi kita, kemudian membiarkan diri kita sembuh.

Salah satu contohnya adalah meditasi pengampunan. Anda bisa membayangkan seseorang yang menyakiti Anda dalam pikiran Anda dan berkata, “Semoga Anda bahagia, semoga Anda damai, semoga Anda bebas dari penderitaan.”

Merasa

Anda tidak akan pernah sembuh kecuali Anda membiarkan diri Anda menghadapi emosi yang Anda takuti. Jadi jelajahi mereka, tulis tentang mereka, dan buat karya seni dari mereka.

Untuk mengalami diri Anda secara keseluruhan, dicintai, dan dicintai, Anda perlu mengakui emosi Anda.

Mimpi

Pikiran dan emosi kita yang terdalam bisa keluar dalam mimpi, menurut Jung. Saat anda mengalami mimpi, segera tuliskan apa yang terjadi agar anda tidak lupa.

Dengan memahami impian Anda, Anda mungkin lebih memahami tentang diri Anda sendiri.

“Mimpi adalah pintu kecil yang tersembunyi di tempat suci jiwa yang terdalam dan paling intim, yang terbuka ke malam kosmik purba yang merupakan jiwa jauh sebelum ada ego yang sadar dan akan menjadi jiwa yang jauh melampaui apa yang bisa dicapai oleh ego yang sadar.” – Carl Jung

Namun, Jung mengatakan bahwa penting untuk memahami bahwa satu mimpi saja mungkin tidak berarti banyak, tetapi pola dari beberapa mimpi mungkin:

“Mimpi yang tidak jelas, diambil dengan sendirinya, jarang bisa ditafsirkan dengan pasti, sehingga saya tidak terlalu mementingkan penafsiran mimpi tunggal. Dengan rangkaian mimpi kita bisa lebih yakin dengan tafsiran kita, untuk mimpi selanjutnya mengoreksi kesalahan yang telah kita buat dalam menangani yang terjadi sebelumnya. Kami juga lebih mampu, dalam seri mimpi, untuk mengenali konten penting dan tema dasar.” – Carl Jung

Ingatlah bahwa bayangan tumbuh subur secara rahasia tetapi mereka adalah bagian dari siapa Anda. Bawalah bagian-bagian diri Anda yang tersembunyi menjadi terang dan memandikan mereka dalam cinta dan penerimaan diri.

Terkadang, proses itu menyakitkan tetapi itu akan membuatmu menjadi orang yang lebih baik.

Mengingat:

Ketika tiba saatnya untuk mendapatkan apa yang Anda inginkan, Anda tidak hanya harus menghadapi kegelapan batin Anda, tetapi juga merangkulnya.

Daripada mencoba mematikannya ketika Anda merasakan bayangan itu membesarkan kepalanya yang jelek, biarkan diri Anda merasakannya dan ingin tahu tentangnya.

Dalam beberapa kasus, Anda mungkin menemukan bahwa itu bermanfaat bagi Anda, terutama ketika Anda mencoba melindungi diri sendiri dari hal-hal yang mungkin mengancam diri Anda yang lebih tinggi.

Ketika Anda memanfaatkan bayangan diri Anda dengan benar, itu bisa menjadi alter ego yang kuat yang bisa membantu Anda mengelola situasi yang sulit.

Saat Anda membiarkannya mengatur hidup Anda, atau berpura-pura Anda tidak mempunyai bayangan diri, masalah tetap ada.

KUIS: Apakah Anda siap untuk mengetahui kekuatan super tersembunyi Anda? Kuis baru saya yang epik akan membantu Anda menemukan hal unik yang Anda bawa ke dunia.

7. Pelihara kebatinan Anda

Trauma masa kecil kita bisa disebabkan oleh cara kita mengasuh anak atau orang lain yang menyakiti kita. Hal ini bisa mengakibatkan luka mendalam yang bisa menciptakan pola perilaku dan emosional yang membentuk kepribadian kita.

Baca Juga:
Apa Itu Customer Experience (CX)? 3 Contoh Perusahaan Yang Mengutamakan CX

Sebagian besar waktu, luka masa kecil kita adalah yang paling menyakitkan. Mereka menghantui kita dan memberi tahu kita bahwa kita tidak layak untuk dicintai, atau bahwa perasaan kita salah, atau bahwa kita harus mengurus semuanya karena tidak ada orang di sekitar kita untuk menjaga kita.

Membimbing kebatinan Anda melibatkan perjalanan kembali ke masa ketika Anda terluka dan memberi diri Anda cinta. Anda bisa melakukannya dengan:

1. Kembali ke waktu dalam hidup Anda ketika Anda merasa paling rentan.

Ini bisa menjadi adegan di mana Anda terluka atau saat dalam hidup Anda ketika Anda merasa rentan. Pegang gambar diri Anda itu dalam pikiran Anda. Tetap waspada, menerima setiap pesan yang muncul selama waktu itu.

2. Beri yang lebih muda Anda belas kasihan

Sambil menghidupkan kembali momen itu, berikan cinta pada diri Anda yang lebih muda. Katakan pada diri sendiri, “Aku mencintaimu dan aku disini untukmu. Ini akan baik-baik saja, itu bukan salahmu dan kamu tidak melakukan apa pun untuk pantas menerima ini.” Anda juga bisa memberikan pelukan kepada diri Anda yang lebih muda.

Satu hal yang pasti ketika mengetahui sisi gelap, itu tidak nyaman, untuk sedikitnya. Siapa yang akan senang mengakui kekurangan, kelemahan, keegoisan, kebencian, dan semua emosi negatif yang mereka rasakan? Bukan siapa-siapa.

Tetapi sementara berfokus pada sisi positif kita menyenangkan dan meningkatkan kita, sisi gelap bisa membantu kita tumbuh dan berkembang menjadi versi diri kita yang lebih baik.

Jung menulis dalam buku Psychology and Alchemy , “Tidak ada cahaya tanpa bayangan dan tidak ada keutuhan psikis tanpa ketidaksempurnaan.”

Dengan kerja bayangan, kita menjadi utuh untuk menjalani kehidupan yang lebih otentik dan memuaskan.

Menggunakan hipnoterapi untuk membangun hubungan dengan kebatinan Anda

Beberapa minggu yang lalu, saya mengikuti sesi hipnoterapi masterclass gratis oleh terapis Marisa Peer.

Kelas ini mengeksplorasi konsep inner child, dan sangat menarik dan bermanfaat.

Ada alasan bagus untuk menggunakan hipnoterapi untuk menciptakan hubungan yang lebih dalam dengan batiniah Anda.

Menurut Mindworks :

“Inner child hipnosis menggunakan berbagai alat dan teknik untuk mengakses, berkomunikasi, menenangkan, dan menyembuhkan batiniah klien. Hipnoterapi untuk menyembuhkan batiniah bisa menciptakan perubahan positif pada orang dewasa yang mencari harga diri dan penerimaan diri yang lebih besar. Ini bisa membantu mereka mengatasi perilaku menyabotase diri yang dipelajari kebatinan mereka untuk mengatasi disfungsionalitas. Tetapi untuk mencapai tujuan tersebut diperlukan kerjasama penuh dari klien yang harus benar-benar ingin sembuh dan melakukan perubahan, harus percaya bahwa mereka bisa menyembuhkan dan membuat perubahan positif, dan harus terbuka untuk menggunakan alat dan teknik yang disediakan.”

Ketika saya mengambil kelas master gratis , saya merasa sangat membantu dalam membuat saya terhubung dengan batiniah saya.

Marisa Peer adalah guru yang sangat baik dalam hal ini. Jika Anda tidak tahu siapa dia, dia adalah penulis buku terlaris, pembicara motivasi, dan guru hipnoterapis perintis.

Dia sangat berpengetahuan dan mudah dimengerti.

Pastikan Anda memeriksa kelas master gratis. Dia akan menunjukkan cara praktis untuk menjelajahi batiniah Anda dan semua keyakinan yang membatasi yang menyertainya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here